Sabtu, 03 Maret 2012

Apabila Aceh Ingin Mandiri Maka Pembangunan Gampong Yang Harus Diutamakan

Aceh Utara |misbahul.com Aceh Utara merupakan sebuah Kabupaten yang saat ini dilanda berbagai masalah, maka masih banyak yang harus dibenahi agar kota yang dikenal  dengan sebutan Petro Dolar ini aka menjadi lebih baik.
Menurut mantan Wakil DPRK Aceh Utara, Misbahul Munir  menilai bahwasannya untuk membangun Aceh Utara maka yang paling utama yang harus dilakukan adalah pembangunan yang dimulai dari Gampong.
Menurutnya penduduk Aceh Utara banyak yang tinggal di Gampong, begitu juga dengan wilayah perkotaan masih belum terlihat seperti kota dan Ibu Kotanya pun masih semberaut.
“Menurut saya pembangunan Aceh Utara harus dimulai dari Gampong karena notabene Masyarakat Aceh Utara banyak yang tinggal di Gampong dan  kalau kita melihat wilayah perkotaan Aceh Utara untuk saat ini belum ada yang menjadi Kota”. Ujar Misbahul Munir. Selasa, 28 Februari 2012.
Ibu Kota Kabupatennnya saja masih semberaut, sambung Misbahul Munir, bagaimana ada penduduk kota, saat ini saja Ibu Kota Kabupaten masih bersandar di tempat orang, maka masih seperti Gampong semua.
Menurut Misbahul, untuk meningkatkankan perekonomian masyarakat gampong maka yang harus dijalankan yaitu dengan program membawa dana ke Gampong maka nantinya di Gampong akan ada Angaran Pendapatan Belanja Gampong [APBG]
 Untuk saat ini untuk dilakukan pembangunan melaui Angaran Pendapatan Belanja Kabupaten [APBK], menurut Misbahul, hal tersebut tidak efektif karena proses APBK hanya melalui Musrembang Kabupaten dan Kecamatan, maka nantinya akan ada keinginan masyarakat gampong yang putus.
Nantinya semua persoalan yang terkait dengan Gampong, misalkan seperti gaji Keuchi, Kaur, dll, semuanya akan diatur dalam APBG dan tidak aka nada lagi gaji-gaji perangkat Gampong yang tersendat.
Apabila nantinya APBG ini berjalan dengan baik maka masyarakat Gampong pun bisa lebih aktif, misalkan dalam melakukan pembangunan di Gampong, masyarakat bisa melakukan tender bahan-bahan untuk melakukan pembangunan, seperti semen, pasir, dll.
Maka, menurut Misbahul Munir, apabila Aceh ingin mandiri yang paling utama yang harus di bangun adalah Gampong dan menghidupkan pasar komuditi sehingga adanya perputaran ekonomi dan harga juga tetap stabil.
“Apabila Aceh ingin mandiri maka yang harus dibangun Gampong dulu dan kemudian buka menghidupkan pasar komuditi sehingga ada perputaran ekonomi”. Ujar Misbahul Munir.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar